Friday, December 27, 2013

10 Fakta Menarik Otak Manusia


Hai sobat blogger, jumpa lagi bersama saya di blog sederhana ini (udah kayak presenter aja) hehehe
Postingan kali ini membahas seputar fakta menarik otak manusia. Walaupun secara umum manusia sudah mengenal apa itu otak, tapi sebagian besar manusia juga belum mengetahui fakta menarik seputar otak yang akan saya share kali ini.. Makanya langsung aja sob..


1. Otak Anda Masih Tetap Aktif Bahkan Apabila Kepala Anda Terputus
Berdasarkan observasi dari beberapa kisah yang ada bahwa otak manusia masih tetap berfungsi aktif selama beberapa detik setelah kepalanya terputus. Namun para dokter mempercayai hal tersebut sebagai sebuah refleksi dari hentakan otot belaka. Dokter Harold Hillman, seorang mantan direktur sebuah laboratorium gabungan dari biologi sistem saraf pada Universitas Surrey mengatakan bahwa kematian seseorang terjadi akibat pemisahan antara otak dengan saraf tulang belakang, namun sayangnya banyak negara tidak mempercayai metode pemikiran tersebut.

2. Otak Anda Dapat Mempelajari *Subliminal Messages
Otak dapat mempelajari pesan yang berasal dari sebuah alam bawah sadar yang akan mempengaruhi perilaku seseorang. Banyak perusahaan menggunakan hal ini sebagai sarana promosi untuk mempengaruhi seseorang untuk membeli produk mereka.*Subliminal Messages adalah sebuah sinyal atau pesan yang tersimpan dalam objek lain yang didesain sedemikian rupa untuk melewati batas normal persepsi seseorang. 

3. Obat-Obatan Dapat Menimbulkan Lubang Di Otak Anda 
Ada sebuah studi menyatakan bahwa penggunaan obat-obatan seperti mariyuana dapat meringankan sedikit ingatan, sedangkan obat-obatan seperti kokain atau ekstasi dapat menimbulkan lubang di otak. Sebenarnya satu-satunya hal yang dapat menimbulkan lubang di otak adalah akibat trauma ataupun benturan fisik. Sebagai tambahan, sebuah studi dari New Scientist menyatakan bahwa penggunaan obat dalam jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal pada otak secara permanen, maka tak heran bila sangat sulit untuk mengubah perilaku seorang pecandu. 

4. Otak Anda Berwarna Abu-Abu 
 Beberapa bagian tubuh memiliki warnanya sendiri seperti darah, jaringan halus, tulang ataupun cairan lainnya dalam tubuh. Sedangkan otak manusia, bila diawetkan di sebuah tabung, bila sedang berdenyut, maka sebagian besar berwarna abu-abu, oleh sebab itu, otak biasanya disebut dengan grey matter.Otak juga sebagian memiliki warna putih yang merupakan serat jaringan saraf yang menghubungkan ke grey matter, biasa lapisan berwarna putih ini disebut dengan nama ganglia dasar atau white matter.

5. Otak Anda Adalah Otak Yang Berukuran Terbesar
Beberapa hewan dapat menggunakan otak mereka untuk melakukan berbagai macam hal yang dapat dilakukan oleh manusia. Namun faktanya, otak manusia memiliki ukuran yang besar bila dibandingkan dengan otak hewan apapun. Berat rata-rata dari otak manusia dewasa adalah 1.361 kilogram, berat tersebut nyaris sama dengan otak lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan yang cerdas.Namun bila berat dari otak dibandingkan dengan ukuran tubuh, maka otak manusia lah yang paling besar. Lebih lanjut, kecerdasan juga dihubungkan dengan berbagai komponen yang terdapat di otak, dan mamalia memiliki *cerebral cortex terbesar yang berfungsi untuk mengingat, berkomunikasi dan berpikir.*Cerebral Cortex atau Korteks serebral (Korteks otak besar) adalah lembaran jaringan saraf yang paling luar dari suatu otak mamalia. 

6. Otak mengkonsumsi sebagaian besar energi tubuh anda
Walaupun hanya memiliki berat sebesar 2% dari semua berat badan anda, otak membutuhkan 15% dari keluaran jantung dan 20% dari total asupan oksigen ke dalam tubuh. Lebih menarik lagi, sejumlah besar oksigen ini masih dibutuhkan ketika otak berisitirahat, dan masih belum diketahui juga jawaban atas pertanyaan, mengapa kebutuhan ini tetap ada. Untuk mensuplai kebutuhan ini, dibutuhkan 3 arteri utama, dan jika salah satu dari arteri ini macet, stroke adalah jawaban pasti! Selain energi, otak kita juga butuh tengkorak yang besar dan mewah jika dibandingkan dengan anggota badan lain.

7. Otak anda sudah tumbuh sempurna di usia 7 tahun
Perkembangan rumit dan sulit sudah tidak diragukan lagi. Otak kita sudah 95% dari ukuran penuhnya pada usia 7 tahun. Perkembangan ini mungkin menjawab pertanyaan mengapa energi yang masuk ke otak pada saat usia 2 tahun sudah membutuhkan energi sebesar otak orang dewasa. Otak pria lebih besar daripada otak wanita. Tapi, bukan berarti bahwa ada keuntungan tertentu bagi mereka yang punya otak lebih besar. Perbedaan ini muncul malah karena perkembangan tertentu di daerah tertentu. Misalnya wanita punya hippocampus yang lebih besar, yang ada kaitannya dengan bau dan ingatan, sementara pria, cenderung punya amygdala dan hypothalamus yang lebih besar.

8. Otak tidak merasa sakit
Mengapa orang bisa operasi otak tanpa dibius? Jelas banget! Otak nggak punya reseptor sakit, dan, akibatnya, nggak bisa ngerasa sakit sama sekali! Sakit kepala bukan karena adanya rangsangan terhadap reseptor sakit di otak, tapi di selaput otak, yang disebut durameter, yang dipenuhi dengan reseptor rasa sakit, dan durameter inilah yang merasakan sakit pada saat kita pusing. Oleh karena itu ada banyak banget macam sakit kepala, dan penyebabnya juga masih tidak jelas, jadi kalo kita ngomong penyebab utama sakit kepala, ya nggak jelas!

9. Anda menggunakan lebih dari 10% otak anda
Omongan kita hanya menggunakan 10% otak anda, sama sekali nggak benar! Berbagai teknik penjejakan otak menunjukkan bahwa sebagian besar tadi nggak terus diam saja. Berbagai aktifitas rumit yang ada akan menggunakan sebagain besar otak ini. Dengan mengamati efek trauma kepala, diperlihatkan juga bahwa tidak ada area dalam otak yang dapat menderita kerusakan tanpa adanya efek. Kerusakan sekecil apapun, efeknya akan besar, jadi dengan kata lain, sebenarnya kita menggunakan sebagian besar otak kita, dan mungkin, semuanya!

10. Sel otak beregenerasi
Misteri, tentunya berasal dari berbagai mitos. Hal lain yang mungkin anda tahu soal otak, dan selama seabad ini berkembang, mengatakan bahwa sel otak tidak beregenerasi. Tapi, selama satu dekade belakangan, diketahui bahwa sel otak dapat memperbaiki diri. 


 Wah keren ya sob.. makanya sebagai manusia kita pautu bersyukur pada Tuhan atas karunia sebesar itu. Oke sekian dulu postingan ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca. Eitss jangan lupa komentarnya yah..

sumber
Posted By: Unknown

10 Fakta Menarik Otak Manusia

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

No comments:

Post a Comment

Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us

© Seputar Fakta Unik & Menarik Di Dunia All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates